Prefetch Pada Windows XP

Tulisan softskill “ Interaksi Manusia dan Komputer “
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan



Prefetch Pada Windows XP

Windows XP didesain untuk mem-prefetch aplikasi dan komponen program sehingga saat kita me-load aplikasi ke  memory akan terasa lebih cepat. Saat Windows xp melakukan booting, secara default, Windows akan memeriksa folder prefetch. Dan ia akan membuat suatu”preloaded suset data boot” ( atau data “bayangan” , file, library, dan pointers yang vital) jika diperlukan.
Lalu saat kita menjalankan program-program aplikasi, Windows juga akan melakukan prefetch pada file atau program yang sering kita pakai. Windows akan mengkopy sebagian dari program yang aktif ke area prefetch dari disk. Tepatnya di folder prefetch.

Kegiatan pembuatan file-file *.pf akan dicatat oleh windows pada suatu suatu file yang bernama LAYOUT.INI yang juga akan disimpan di folder prefetch. Berdasarkan data-data pada file ini, Windows akan melakukan optimasi booting dan loading data.

Saat kita nanti melakukan booting ulang, Windows XP akan me-load seluruh asosiasi file, library, dan pointer yang vital yang sudah disimpan di dalam folder prefetch tersebut dan me-load-nya ke memory. Proses akan memakai bantuan file LAYOUT.INI dalam melakukannya. Jadi, prosesini sama saja menjalankan program-program di muka sebelum dibutuhkan. Dengan adanya “preloaded subset” yang dimasukkan ke dalam memory ini, akan membuat system Windows “kelihatannya bekerja lebih cepat”.

Tapi ingat! Mekipun prefetch didesain untuk mempercepat kinerja Windows , pada kenyataanya prefetch ini juga dapat memperlambat system.

Referensi :
Buku “Optimasi Windows XP”,  penulis : Tri Amperiyanto
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "Prefetch Pada Windows XP"

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters