FAT dan NTFS

Tulisan softskill “ Interaksi Manusia dan Komputer “
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan




FAT dan NTFS

Windows adalah suatu system operasi. Kita semua tahu akan hal itu. Dalam bekerja, suatu syatem file dibutuhkan oleh system operasi untuk menentukan bagaimana file diberi nama, disimpan dan diorganisir. Sutu file system akan mengelola file dan folder plus tambahan informasi agar dapat menemukan dan mengakses file atau folder yang dibutuhkan.
Pada saat kita melakukan format pada suatu volume disk, kita dapat menentukan jenis file system apakah yang akan dipakai. Jenis file system yang umum dipakai windows adalah FAT (File Allocation Table) dan NTFS (New Twcnology File System).

A.    Tentang FAT

FAT adalh system file awal yang sering dipakai oleh system operasi windows. Ada beberapa jenis FAT. Misalnya FAT12, FAT16, dan FAT32. Kita akan melihat sekilas apa itu FAT.
Saat kita bekerja dan mengatur setup suatu volume file system pada hard disk,suatu master boot record (MBR) akan dibuat. MBR adalah suatu bagian dari file system yang berisi kode execute yang menangani kode boot master berikut tabel partisi dari disk. Saat volume di-mount atau dihitung, MBR akan menjalankan master boot code dan mentrasfer control ke boot sector pada disk. Hal ini akan menjalankan system operasi dengan file system sesuai dengan volumenya.

B.    Tentang NTFS

Pada bagian ini kita akan mengenal sekilas tentang file system NTFS. Secara global, jika kita bandingkan dengan file system FAT, ternyata NTFS akan memiliki beberapa komponen pembentuk yang mirip.

Saat kita bekerja dan mengatur setup suatu volume file system pada hard disk, suatu master boot record (MBR) akan dibuat. Tadi telah dibahas masalh MBR ini pada FAT. Yang jelas MBR adalah suatu bagian dari file system yang berisi kode execute yang menangani kode boot master berikut tabel partisi dari disk. Saat volume di-mount atau dihitung, MBR akan menjalankan master boot code dan mentrasfer control ke boot sector pada disk. Hal ini akan menjalankan system operasi dengan file system sesuai dengan volumenya.

NTFS dibagi menjadi cluster. Standar cluster NTFS umumnya dalah 4 kilobytes. Pada file siytem NTFS, disk secara logika akan dibagi menjadi dua bagian besar. 12,5 % pertama akan diberikan ke bagian file system yang dikenal dengan sebutan MFT (Mastter File Table). Sedangkan sisanya, 87.5 % adalah untuk data file.

Re
ferensi :
Buku “Optimasi Windows XP”,  penulis : Tri Amperiyanto
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "FAT dan NTFS"

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters