USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)

Tugas “Interaksi Manusia dan Komputer”

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan

 
USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)

    System manajemen interface user (UIMS) adalah set dari pemrograman dan teknik desain yang dapat menambah level lain dari servis untuk desain system interaktif  selain level toolkit. Adapun hal yang paling difokuskan di dalam UIMS adalah sebagai berikut :

1.    Teknik pendukung untuk menanganai, mengevaluasi dan mengimplementasikan lingkungan interaksi yang sedang terlaksana.

2.    Arsitektur konseptual untuk struktur dari system interaktif yang dikonsentrasikan pada pemisahan semantic aplikasi dan presentasi

3.    Teknik untuk menginplementasikan aplikasi dan presentasi secara tepisah
UIMS sebagai arsitektur konseptual

Adapun cara bagaimana memisahkan semantic aplikasi dengan interface yang tersedia bagi user. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendukung pemisahan ini, seperti  :

1.    Portability  : agar aplikasi yang sama dapat diuraikan atau dugunakan di system yang berbeda, sehingga dalam pembuatan aplikasinya sebaiknya terpisah dari interface device dependentnya.

2.    Multiple Interface : untuk meningkatkan fleksibilitas aplikasi yang interaktif, serta beberapa interface yang berbeda dibuat untuk mengakses fungsi yang sama.

3.    Reusability : pemisahan meningkatkan komponen untuk dapat digunakan kembali agar dapat mengurangi biaya.

4.    Customization : interface user dapat didesain oleh desainer dan user untuk meningkatkan keekfetifan untuk mengubah aplikasi.

Ketika kita melakukan pemisahan, komunikasi antara keduanya perlu dipertimbangkan, ini yang disebut sebagai control dialog.  Secara konseptual, ada 3 komponen utama dari system interaktif yaitu :

1.    Presentasi : komponen bertanggung jawab atas tampilan interface, termasuk output dari input yang      tersedia bagi user.
2.    Interface aplikasi : pandangan dari semantic aplikasi yang disediakan sebagai interface
3.    Control dialog : komponen mengatur komunikasi antara presentasi dan aplikasi

UIMS  juga memiliki beberapa model yaitu :
1.    Model seeheim yaitu model yang dapat memasukkan aplikasi dan user dalam konteks dari system interaktif meskipun tidak secara eksplisif karena hanya memodelkan konponen logika UIMS bukan system interaktif secara keseluruhan.
2.    Model MVC (Model View Controller) merupakan model yang dapat menunjukkan semantic aplikasi .
3.    Model coutaz merupakan system interaktif beasitektur multi-agent, atau disebut juga dengan Presentation Aplication Control (PAC).

Ada 3 perbedaan penting antara PAC dengan MVC
a.    PAC menggabungkan input dan output sedangkan MVC memisahkannya.
b.   PAC menyediakan komponen eksplisit yang tugasnya melihat kekonsistenan antara abstraksi dan presentasi, sedangkan MVC tidak menugaskan ke salah satu komponen.
c.    PAC tidak berhubungan dengan lingkungan pemrograman apapun, sedangkan MVC berhubungan.

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)"

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters