Tugas softskill ke-3

Tugas softskill ke-3 “ Interaksi Manusia dan Komputer “
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Sebutkan model-model sistem interaksi yang kamu ketahui? Jelaskan!

Jawab :

Model – model system interaksi secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian diantaranya :

1. Model simbolik ( model matematik )
Pada dasarnya pengetahuan system interaksi memusatkan perhatian pada model simbolik sebagai perwakilan dari realitas yang sedang dikaji. Model simbolik dapat disajikan dalam bentuk symbol, angka, dan rumus. Secara umum model simbolik yang sering dipakai adalah jenis persamaan. Symbol persamaan tidak hanya mudah dimanipulasi seperti kata-kata, tapi juga lebih bisa ditangkap dan diresapi, maksudnya adalah Suatu persamaan adalah bahasa universal pada penelitian operasional dan ilmu system interaksi, dimana dipakai suatu logika simbolis.

Model simbolis dapat diklisifikasikan menjadi 2 bagian yaitu :

A. Model static yaitu model yang memberikan informasi tentang peubah-peubah model hanya pada titik tunggal dari waktu.

B. Model dinamik yaitu model yang mampu menelusuri jalur waktu dari peubah – peubah model.


2. Model ikonik
Model ikonik adalah model sistem interaksi yang mewakili fisik dari beberapa hal baik dalam bentuk ideal ataupun dalam skala yang berbeda. Model ikonik mempunyai karakteristik yang sama dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai untuk menerangkan kejadian pada
waktu yang spesifik. Model ikonik dapat berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau tiga dimensi (prototip mesin, alat). Apabila model berdimensi lebih dari tiga dimensi maka tidak mungkin lagi dikonstruksi secara fisik sehingga diperlukan kategori model simbolik.

3. Model analog ( model diagramatik )
Model analog merupakan model yang dapat mewakili situasi dinamik, yaitu keadaan berubah menurut waktu. Model ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak bersesuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan kelas-kelas yang berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuan membuat perubahan dapat ditingkatkan. Contoh model analog ini adalah kurva permintaan, kurva distribusi frekuensi pada statistik, dan diagram alir.

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "Tugas softskill ke-3"

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters