Mudahnya Melakukan Crimping

tulisan 4 " softskill Bahasa Indonesia 2 "

oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Mudahnya Melakukan Crimping


        Kalian pasti pernah mendengar istilah crimping, crimping itu adalah salah satu cara untuk membuat kabel jaringan komputer atau LAN. biasanya dalam crimping kabel yang sering digunakan adalah kabel UTP (unshielded twisted pair), dimana kabel UTP ini di dalamnya terdapat kabel-kabel kecil yang memiliki warna yang berbeda-beda.

  kabel UTP      

            Dalam melakukan crimping terlebih dahulu kita pisahkan warna-warna kabel tersebut, jenis pengkabelan dalam dunia komputer dibagi menjadi 3 yaitu :

1.  cross over cable
2.  straight trough cable
3.  rool over cable

1. Cross over merupakan jenis pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan dua piranti yang setingkat atau sejenis, seperti PC to PC. susunan warna kabel dalam crimping untuk pengkabelan jenis cross over ini adalah, untuk ujung kabel yang pertama : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat. dan untuk ujung kabel yang kedua : putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat, coklat.

2. Straight trough merupakan jenis pengkabelan yang digunakan untuk menghubungkan piranti yang berbeda jenis, seperti PC to switch, switch to router. susunan warna kabel dalam crimping untuk pengkabelan jenis Straight trough ini adalah, untuk ujung kabel yang pertama : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat. dan untuk ujung kabel yang kedua susunannya masih sama dengan ujung yang pertama.

3.  Rool over merupakan jenis pengkabelan yang fungsinya hampir mirip dengan straight trough yaitu menghubungkan dua piranti yang berbeda, tetapi pada rool over lebih pada piranti yang memiliki  konsole, seperti switch to printer, switch to infocus. susunan warna kabel dalam crimping untuk pengkabelan jenis Rool over ini adalah, untuk ujung kabel yang pertama : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat, dan untuk ujung kabel yang kedua : coklat, putih coklat, hijau, putih biru, biru, putih hijau, orange, putih orange.

Alat dan media yang digunakan untuk melakukan crimping adalah :

A.  Tang crimping

B. Konektor RJ-45


C. LAN tester


D.  Gunting
 


sumber gambar :
1. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1VaHhjQXwRTFIIP1kbOIioUZNRx8OMysC0X36bWDqbKJz8z9pxkcdwqCDw3NUYKf2125_kXlv9YgtJUFfEWCWFek9B1nDKrhm0ALrbqHf9czHiWFj9VqXy6vO5bUbY9clr-5I7kdYyukW/s320/kabel+utp.jpg

2.  http://www.tokokomputersurabaya.com/wp-content/uploads/products_img/tang%20crimping%20rj45%20single.jpg

3. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvskyJdNNgpQiwyU0zk99uZVsWO85oyFf9NCo9gPCJDoPidRWcbQaNW-homn7AMgRM9LtGSzwkzcZUFY4mQBadnCf0YrXfA4ci0Qjk7fAatNHeYxC7AhctiBP203h0Su26bY_9UNXSuBw/s1600/rj45-en.jpg

4. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzuT3QAiIz7q0ltNF8-XHI3a7OdifIqgGJMU1u_cekM4QHa_ZM_m0h61ZByh1sH5tdCaRWcqR6f4_KKtnFChNsCcZhb3sh2HsuI6rM1u5AzqL12A68PNWY4YW8vePvJAjp2lviR22f6fA/s1600/Lan+Tester.jpg

5. http://issaura.blog.friendster.com/files/scissors.jpg

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "Mudahnya Melakukan Crimping"

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters