Tugas 3 "softskill Bahasa Indonesia"

Tugas 3 "softskill Bahasa Indonesia"
oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Penggolongan paragraf berdasarkan metode pengembangan :
1. metode definisi
2. metode sebab-akibat
3. metode proses
4. metode contoh
5. metode klasifikasi


Contoh Paragraf :


Paragraf definisi :       
         Geografi berarti Ilmu pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, menuliskan  tentang bumi. Kata geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo dan graphien Geo berarti bumi dan graphien berarti sesuatu yang ditulis, digambar, atau dijelaskan.Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.


Paragraf Sebab Akibat :
          Ketika masyarakat sudah tidak peduli lagi pada lingkungan, maka bencana alam pasti akan terjadi. Yang kita lihat saat ini, pembuangan sampah sembarangan di sungai dapat menyebabkan terjadinya banjir. Banjir dapat berakibat buruk bagi masyarakat seperti timbulnya bibit - bibit penyakit serta timbulnya korban dari bencana itu sendiri.


Paragraf proses :
          Pencurian di rumah mewah itu akhirnya terungkap, pencuri itu menceritakan seluruh kronologi pencurian di rumah itu kepada polisi saat diintrogasi. pertama mereka menyusun rencana kapan pencurian itu dilakukan, kedua menyiapkan alat-alat untuk mencuri, ketiga setelah semua persiapan selesai mereka langsung melancarkan aksinya untuk mencuri ke rumah mewah itu. Namun sayangnya polisi telah mencium jejak para pencuri itu, hingga akhirnya mereka ditangkap.


Paragraf contoh :
             Dalam melestarikan suatu lingkungan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Contohnya, dengan menanam bibit pohon di pinggir-pinggir jalan, membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan sekitar kita dengan cara gotong-royong, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak. Karena dengan kita melakukan setiap langkah dari contoh di atas maka kehadupan sejahtera pun akan tercapai.



Paragraf klasifikasi :
              klasifikasi makhluk  hidup biasanya berdasarkan  pada ciri-ciri yang dimilikinya. Makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam kelompok yang sama. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal beraneka ragan objek yang akan dipelajari. klasifikasi hewan dibagi menjadi dua yaitu hewan bertulang belakang dan hewan tak bertulang belakang. hewan bertulang belakang yaitu Ikan(Pisces),Katak (Amphibia),Hewan Melata (Reptilia),Burung (Aves),Hewan Menyusui (Mammalia), dan hewan tak bertulang belakang yaitu Hewan Berpori (Porifera),Hewan Berongga (Coelentrata),Cacing Pipih   (Platyhelmminthes),Cacing Giling(Nemathemithes),Cacing Beruas-ruas (Annelida),Hewan Lunak (Mollusca),Hewan Berkulit Duri (Echinodermata),Hewan Berbuku-buku (Arthropoda).

label : accessories external. | Free Wallpapers | Property | Anti Vir | Free Games | car body design | Free Theme

0 komentar to "Tugas 3 "softskill Bahasa Indonesia""

Posting Komentar

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters