Kemiskinan

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Kemiskinan

       Kemiskinan sudah menjadi momok di dalam masyarakat indonesia, disamping dapat merugikan negara juga sangat berdapat negatif terhadap berjalannnya hidup manusia di muka bumi ini.

      Berbagai upaya telah dilakukan  tidak pernah membuahkan hasil karena kesadaran dari penduduk sangatlah kurang dari apa yang telah dilakukan pemerintah. Lembaga-lembaga kemanusiaan juga turut berperan dalam hal ini, seperti musibah yang terjadi di NTT yang sebagian dari pulau itu telah memissahkan diri dari Indonesia, sehingga penduduk disana ada yang mengalami busung lapar. Kita sangat prihatin melihat hal itu, tentunya dari berbagai pihak melihat hal itu.

Bantuan demi bantuan telah diberikan, namun itu juga belum cukup membantu karena penduduk kebanyakan tinggal di daerah terpencil, yang membuat bantuan darat agak sulit menjangkau kesana. Disini sangat dibutuhkan tenaga sukarelawan untuk dapat membantu musibah ini.

Read more


Hadapilah Sesuatu Dengan Penuh Percaya Diri Karena kepercayaan Diri Adalah Awal Dari Semangat Perjuangan

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan           
   

Hadapilah Sesuatu Dengan Penuh Percaya Diri Karena kepercayaan Diri Adalah Awal Dari Semangat Perjuangan

Pertama kali saya merasakan kuliah sangatlah capek, memang sih benar yang dikatakan orang, kalau kuliah itu tidak segampang yang kita kira. Terlebih kita harus dituntut untuk hidup mandiri, itu merupakan hal baru yang harus kita jalani, meski jalan yang ditempuh begitu berliku, namun itulah yang menjadikan saya tetap semangat kuliah. Meski sekarang jauh dari orang tua tapi saya selalu memegang teguh pesan dari orang tua agar kuliah dengan sungguh-sungguh. Saya sekarang kuliah di Universitas Gunadarma, terlebih dahulu saya mau memperkenalkan diri, namaku Nyoman Parwa Dinawan, kuliah ngambil jurusan system computer, fakultas ilmu computer.

Pertama kali saya masuk jurusan system computer ini, saya begitu kaget dengan mata kuliah yang diberikan, mungkin karena pertama jadinya agak sedikit lama masuk pelajaranya di otak,,hehe..., memang benar juga sih jurusan yang saya ambil ini memang jurusan yang paling tersulit di gunadarma, tapi semakin sulit yang kita hadapi pasti akan membuahkan hasil yang sangat baik ( “kaya panen buah aja ada hasil baik sgala, hehe,,,”).

Setelah saya jalani hari demi hari, ternyata kuliah itu menyenangkan juga, terlebih kita dapat temen-temen yang banyak. Pernah saya mengerjakan tugas praktikum ampe gak tidur semaleman dan paginya langsung berangkat lagi ke kampus,, wah,, itu baru saya sangat merasakan gimana rasanya suka-duka kuliah..hehe.., memang sih kampus saya ini disiplin waktu, dan saya juga harus mentaati itu, demi cita-cita saya ingin membahagiakan orang tua  serta orang-orang yang saya sayang, saya harus berjuang untuk itu.

Semester 1 dan 2 sudah saya lewati, ternyata nilai IPK saya cukup memuaskan juga, meski belum  mencapai sempurna,,he.., orang tua saya yang di Bali juga sedikit bangga dengan saya. Dari semester 1 saya sangat ingin jadi asisten laboratorium, tapi katanya penerimaan asisten baru hanya dibuka setelah semester 4. Saya juga pernah berpikir, “ kalau saya daftar ASLAB diterima gak ya…, “, pikiran itu selalu terlintas dalam benak saya, tetapi saya tidak mau menyerah begitu saja, karena saya yakin dengan berjuang keras pasti nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, “ toh juga kalau kita tidak mencoba, kita tidak akan tahu kemampuan kita “.

Pada pertengahan semester 3 ternyata ada penerimaan asisten laboratorium elektronika dasar, begitu saya mengetahui berita itu saya langsung mempersiapkan apa saja yang akan diperlukan untuk pendaftaran calon asisten itu. Memang dari mulai pendaftarannya saja sangat melelahkan, tapi saat test penerimaannya juga sangat sulit, disamping dituntut untuk benar-benar memahami materi elektronika, kita juga dituntut untuk bisa mempraktekannya, itu benar-benar sebuah tantangan yang sangat memerlukan skill dan kemampuan berpikir kita sebagai mahasiswa yang diajarkan untuk hidup mandiri.

Test demi test saya jalani dan akhirnya saya diterima jadi asisten laboratorium eleltronika dasar di kampus saya sendiri, suatu kebanggaan tersendiri yang saya rasakan karena dari 50 peserta yang mendaftar hanya 16 0rang yang diterima. Mungkin tak banyak cerita dari saya, tapi saya berpesan pada teman-teman, hadapilah sesuatu dangan penuh percaya diri karena kepercayaan diri adalah awal dari semangat perjuangan.

Read more


Laptop XO untuk Anak Palestina

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Laptop XO untuk Anak Palestina



    Anda mungkin sudah sering mendengar konflik antara palestina dengan Israel yang telah banyak menelan korban.  Salah satu korban yang paling menjadi perhatian dunia adalah anak-anak. Proyek one laptop per Child (OLPC) mendonasikan 5.000 unit laptop XO ke United Nation Relief and Workers Agency (UNRWA) untuk diberikan ke anak-anak Palestina di jalur gaza yang porak poranda setelah digempur Israel stelah hampir sebulan. UNRWA mengoperasikan 800 sekolah untuk para pengungsi Palestina di Yordania, Lebanon dan Tepi Barat.

    Langkah yang diambil OLPC ini bisa dibilang sebagai sebuah langkah yang sangat dermawan. Apalagi mengingat grup OLPC saat ini sedang mengalami masalah keuangan yang serius. Masalah tersebut diperjelas dengan adanya perampingan jumlah staf, dan mengurangi pengembangan software-nya secara signifikan.

    Pendiri OLPC, Nicholas Negroponte, mengatakan bahwa organisasi yang didirikannya akan meningkatkan aktivitasnya diwilayah timur tengah, dan memfokuskan diri ke produk OLPC generasi berikutnya. Langkah donasi terhadap anak-anak palestina ini bisa jadi sebagai sebuah cerninan atas hal tersebut.

Sumber : http://www.masshingtech.com
Sumber gambar : http://olpc.com/pics/olpc-xo-11.jpg

Read more


Sistem Penanggulangan Flu Burung

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan

Sistem Penanggulangan Flu Burung

    Flu burung mungkin sudah tidak asing lagi di teliga kita. Begitu nama yang diberikan terhadap penyakit yang disebabkan oleh  unggas  yang dapat menular pada manusia, di Indonesia flu burung sudah sangat di waspadai oleh masyarakat, karena disamping para masyarakat kebanyakan suka berternak unggas, masyarak juga sering kontak langsung dengan unggas itu sendiri.

    Pemerintah Australia akan mendanai sebagian pengaplikasian system pelaporan dan pelacakan flu burung yang terjadi di Indonesia. System itu akan digunakan oleh para dokter hewan dalam bentuk aplikasi portable.Perusahaan software asal Bali bernama Mitrais telah ditugaskan oleh Australia Animal Health Laboratory ( AAHL ) untuk menyebarkan system berbasis web yang bernaman infoLab plus ke beberapa area yang terdapat Lab diagnosis. Mitrais juga ditugaskan untuk  membuat versi portable dari infoLab Plus dengan nama Infolab Lite. InfoLab Plus dikembangkan menggunakan Crystal Reports, dan digunakan untuk menggantikan system laporan yang menggunakan Microsoft Access.

    Dengan adanya aplikasi portable itu, diharapkan kantor- kantor departemen pertanian yang belum memiliki access internet disa meng-Upload data-data yang dibutuhkan melalui computer mana saja yang terhubung denan internet, seperti misalnya dari warnet.

Sumber : http://www.itnews.com.au

Read more


Perang Terhadap Pornografi di Cina

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Perang Terhadap Pornografi di Cina

    Perang terhadap pornografi yang dilakukan pemerintah cina terus berlanjut. Tujuh organiasasi pemerintah melakukan pertemuan untuk membahas kelanjutan perang ini, dan melanjutkan ke media berikutnya , yaitu ponsel. Tidak dijelaskan bagaimana pemerintah melakukannya. Namun dugaan sementara adalah kemungkinan besar aka nada pemblokiran terhadap pesan SMS, MMS, atau konten mobile lainnya yang dianggap tidak pantas.

    Sebelumnya, kementerian keamanan public cina mengklaim telah membabat 1250 website porno, dan menangkap 41 orang yang menyebarkan konten porno. Mereka jjuga mengklaim, setelah aksi tersebut dijalankan, terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap konten porno online.

    Pemerintah cina telah lama mngutuk pornografi di internet, karena dianggap mengotori pikiran generasi muda. Oleh karena itu, pemerintah menganggap apa yang telah mereka lakukan adalah bertujuan untuk memurnikan internet.

    Memang benar, bahwa pornografi yang ada di internet sangat mengotori generasi muda. Seharusnya internet dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif, bukannya hal yang negative.  Hal yang telah dilakukan pemerintah cina sangatlah bijaksana, disamping dapat membantu para generasi muda agar tidak terjerumus ke lembah hitam juga dapat membuat nama internet mendapat reputasi yang baik di masyarakat dunia.

Sumber : http://www.arstechnika.com

Read more


USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)

Tugas “Interaksi Manusia dan Komputer”

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan

 
USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)

    System manajemen interface user (UIMS) adalah set dari pemrograman dan teknik desain yang dapat menambah level lain dari servis untuk desain system interaktif  selain level toolkit. Adapun hal yang paling difokuskan di dalam UIMS adalah sebagai berikut :

1.    Teknik pendukung untuk menanganai, mengevaluasi dan mengimplementasikan lingkungan interaksi yang sedang terlaksana.

2.    Arsitektur konseptual untuk struktur dari system interaktif yang dikonsentrasikan pada pemisahan semantic aplikasi dan presentasi

3.    Teknik untuk menginplementasikan aplikasi dan presentasi secara tepisah
UIMS sebagai arsitektur konseptual

Adapun cara bagaimana memisahkan semantic aplikasi dengan interface yang tersedia bagi user. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendukung pemisahan ini, seperti  :

1.    Portability  : agar aplikasi yang sama dapat diuraikan atau dugunakan di system yang berbeda, sehingga dalam pembuatan aplikasinya sebaiknya terpisah dari interface device dependentnya.

2.    Multiple Interface : untuk meningkatkan fleksibilitas aplikasi yang interaktif, serta beberapa interface yang berbeda dibuat untuk mengakses fungsi yang sama.

3.    Reusability : pemisahan meningkatkan komponen untuk dapat digunakan kembali agar dapat mengurangi biaya.

4.    Customization : interface user dapat didesain oleh desainer dan user untuk meningkatkan keekfetifan untuk mengubah aplikasi.

Ketika kita melakukan pemisahan, komunikasi antara keduanya perlu dipertimbangkan, ini yang disebut sebagai control dialog.  Secara konseptual, ada 3 komponen utama dari system interaktif yaitu :

1.    Presentasi : komponen bertanggung jawab atas tampilan interface, termasuk output dari input yang      tersedia bagi user.
2.    Interface aplikasi : pandangan dari semantic aplikasi yang disediakan sebagai interface
3.    Control dialog : komponen mengatur komunikasi antara presentasi dan aplikasi

UIMS  juga memiliki beberapa model yaitu :
1.    Model seeheim yaitu model yang dapat memasukkan aplikasi dan user dalam konteks dari system interaktif meskipun tidak secara eksplisif karena hanya memodelkan konponen logika UIMS bukan system interaktif secara keseluruhan.
2.    Model MVC (Model View Controller) merupakan model yang dapat menunjukkan semantic aplikasi .
3.    Model coutaz merupakan system interaktif beasitektur multi-agent, atau disebut juga dengan Presentation Aplication Control (PAC).

Ada 3 perbedaan penting antara PAC dengan MVC
a.    PAC menggabungkan input dan output sedangkan MVC memisahkannya.
b.   PAC menyediakan komponen eksplisit yang tugasnya melihat kekonsistenan antara abstraksi dan presentasi, sedangkan MVC tidak menugaskan ke salah satu komponen.
c.    PAC tidak berhubungan dengan lingkungan pemrograman apapun, sedangkan MVC berhubungan.

Read more


System Restore

Tulisan softskill “ Interaksi Manusia dan Komputer “

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


System Restore

Mungkin system restore sudah tidak asing lagi bagi para pecinta computer, disini akan membahas Sedikit tentang system restore. System restore merupakan salah satu fitur dari operating system windows xp yang memungkinkan pemakai untuk melakukan pemulihan (restore) setingan system saat terjadi musibah ke kondisi sebelumnya, tanpa kehilangan data file personalnya. Yang dimaksud file personal adalah file dokumen, gambar, email dan lain-lain.

Dengan system restore, user tidak akan pusing mengamankan kopian data-data system terkini karena akan diamankan secara otomatis ke suatu restore point. System restore secara aktif akan mengawasi perubahan pada file system dan beberapa file aplikasi, untuk mencatat dan menyimpan versi aslinya sebelum perubahan terjadi.
Restore point akan dibuat saat suatu kejadian system penting terjadi, seperti terjadi penginstalan aplikasi atau driver baru. Selain itu ia juga akan membuat suatu restore point secara periodik. Namun jika dikehendaki, kita dapat membuat dan member nama restore point sesuai keinginan kita.

System restore memiliki fitur ruang manajemen restore point otomatis, fitur ini dapat berfungsi untuk menghapus restore point yang lama dan akan membuat restore point yang baru. Jadi ruang penyimpanan data restore point akan selalu ada, sehingga data terkini yang telah disimpan akan selalu terjaga.

System restore akan aktif secara default ( standar ). Agar system restore dapat aktif dibutuhkan paling tidak 200Megabytes ruang kosong pada disk.

Referensi :
Buku “Optimasi Windows XP”, karangan : Tri Amperiyanto
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Read more


tugas softskill interaksi manusia dan komputer

Tugas softskill ke- 4 “ Interaksi Manusia dan Komputer “

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Apa yang dimaksud teknik EVALUASI pada sistem interaksi dan tujuannya apa?
Jawab :

Teknik evaluasi adalah teknik yang digunakan untuk melihat apakah hasil rancangan dengan proses uji coba system yang telah dibuat sesuai dengan permintaan pengguna (user). teknik ini tidak dikerjakan dalam satu fase proses perancangan tetapi melalui perancangan dengan prinsip life cycle.

1. Evaluasi dapat dilakukan pada :
a. Laboratorium
b. Lapangan Pekerjaan
c. Kerja Sama dengan User

2. Beberapa Pendekatan Perancangan Evaluasi :
a. Metode Analitik
b. Metode Review
c. Metode Model Dasar

3. Beberapa Pendekatan Evaluasi yang Telah diterapkan :
a. Metode Experimental
b. Metode Observasi
c. Metode Query

Tujuan teknik evaluasi adalah :
1. Untuk melihat seberapa jauh sistem berfungsi.
2. Untuk melihat efek suatu interface ke pengguna
3. Untuk melihat masalah yang terjadi pada system

Read more


Tugas softskill ke-3

Tugas softskill ke-3 “ Interaksi Manusia dan Komputer “
Oleh : Nyoman Parwa Dinawan


Sebutkan model-model sistem interaksi yang kamu ketahui? Jelaskan!

Jawab :

Model – model system interaksi secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian diantaranya :

1. Model simbolik ( model matematik )
Pada dasarnya pengetahuan system interaksi memusatkan perhatian pada model simbolik sebagai perwakilan dari realitas yang sedang dikaji. Model simbolik dapat disajikan dalam bentuk symbol, angka, dan rumus. Secara umum model simbolik yang sering dipakai adalah jenis persamaan. Symbol persamaan tidak hanya mudah dimanipulasi seperti kata-kata, tapi juga lebih bisa ditangkap dan diresapi, maksudnya adalah Suatu persamaan adalah bahasa universal pada penelitian operasional dan ilmu system interaksi, dimana dipakai suatu logika simbolis.

Model simbolis dapat diklisifikasikan menjadi 2 bagian yaitu :

A. Model static yaitu model yang memberikan informasi tentang peubah-peubah model hanya pada titik tunggal dari waktu.

B. Model dinamik yaitu model yang mampu menelusuri jalur waktu dari peubah – peubah model.


2. Model ikonik
Model ikonik adalah model sistem interaksi yang mewakili fisik dari beberapa hal baik dalam bentuk ideal ataupun dalam skala yang berbeda. Model ikonik mempunyai karakteristik yang sama dengan hal yang diwakili, dan terutama amat sesuai untuk menerangkan kejadian pada
waktu yang spesifik. Model ikonik dapat berdimensi dua (foto, peta, cetak biru) atau tiga dimensi (prototip mesin, alat). Apabila model berdimensi lebih dari tiga dimensi maka tidak mungkin lagi dikonstruksi secara fisik sehingga diperlukan kategori model simbolik.

3. Model analog ( model diagramatik )
Model analog merupakan model yang dapat mewakili situasi dinamik, yaitu keadaan berubah menurut waktu. Model ini lebih sering dipakai daripada model ikonik karena kemampuannya untuk mengetengahkan karakteristik dari kejadian yang dikaji. Model analog banyak bersesuaian dengan penjabaran hubungan kuantitatif antara sifat dan kelas-kelas yang berbeda. Dengan melalui transformasi sifat menjadi analognya, maka kemampuan membuat perubahan dapat ditingkatkan. Contoh model analog ini adalah kurva permintaan, kurva distribusi frekuensi pada statistik, dan diagram alir.

Read more


Perpustakaan

Tulisan “Interaksi Manusia dan Komputer”

Oleh : Nyoman Parwa Dinawan

Perpustakaan


Perpustakaan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga semua orang, perpustakaan merupakan tempat terkumpulnya berbagai macam buku ilmu pengetahuan. Tujuan didirikannya perpustakaan adalah untuk mendidik masyarakat agar nantinya tidak timbul lagi masalah buta huruf yang sering terjadi di daerah terpencil. Perpustakaan memiliki manfaat yang sangat penting salah satunya dapat memperluas cakrawala kita mengenai kehidupan di dunia.

Bagi seseorang yang gemar membaca, perpustkaan merupakan rumah kedua bagi mereka. Dengan membaca kita akan mendapat berbagai ilmu serta pemahaman bagaimana kita menyikapi kehidupan nyata. Sebagai manusia yang berbudi pekerti, ilmu pengetahuan sangatlah penting, karena sebelum kita menjadi orang yang berbudi pekerti luhur sudah seharusnya banyak belajar serta bisa mempraktekannya di kehidupan nyata dari apa yang kita pelajari. Dengan membaca semua itu bisa kita lakukan. Membaca dalam artian bukan hanya sekedar membaca tetapi membaca sambil menghayati, mengerti serta memahami apa yang telah kit abaca, sehingga kita dapat mempraktekannya di kehidupan nyata.

Denga membaca kita akan bisa membuka jendela dunia, di jaman sekarang teknologi sudah semakin maju terutama di bidang computer. Di perpustakaan telah disediakan juga berbagai buku tentang teknologi. Teknologi telah menjadi popular dikalangan masyarakat, apalagi sekarang telah ada perrpustakaan keliling yang dengan mudah kita menjumpainya. Namun masyarakat sekarang kurang antusias mengenai baca – membaca, sehingga perpustakaan dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Perpustakaan menyediakan buku yang lengkap, seperti buku sejarah yang sering dijadikan referensi oleh para arkeolog untuk bahan penelitian mereka. Arkeolog sering mempelajari sejarah serta kebudayaan daerah yang akan diteliti. Sehingga arkeolog sangat menghargai keberadaan perpustakaan itu sendiri. Kebanyakan orang – orang yang menghargai perpustakaan adalah orang yang suka membaca, sehingga keberadaan perpustakaan sampai saat ini masih tetap terjaga.

Read more

About This Blog

GUNADARMA

Cari Blog Ini

About this blog

Pengikut

Tags

  • 1 (1)

Pages

Web hosting for webmasters